Rantai motor berguna untuk menyelaraskan perputaran gear penggerak yang
berasal dari mesin untuk memutar gear yang ada pada roda, rantai merupakan
bagian yang menghubungakan mesin dan roda pada sebuah motor. Masalah yang
sering ditemui oleh para pengendara roda dua pada umumnya adalah masa pakai
gear terlalu cepat habis ato putusnya rantai dikarenakan beberapa masalah yang
muncul akibat kelalaian pada perawatan rantai motor yang kurang dipahami oleh
para pengguna kendaraan roda dua.
Artikel ini akan menjelaskan cara merawat
rantai motor agar awet dan tahan lama yang ditujukan untuk menujang performa
motor agar sesalu prima, serta memberikan rasa selalu aman yang nyaman pada
saat beekendara. Beberapa cara merawat rantai motor agar awet dan tahan lama adalah sebagai berikut:
Cara Merawat Rantai Motor Agar Awet dan Tahan Lama
1. Pastikan rantai motor memiliki pelumas
Rantai motor yang kondisinya kering dan kotor sangat berpotensi
mengakibatkan tergesurnya lapisan gear secara cepat dan mengakibatkan gear
lebih cepat habis. Penggunaan pelumas rantai motor diharuskan untuk mengurangi
gesekan tersebut, juga untuk menghilangkan bunyi gesekan yang mengganggu yang
biasa timbul ketika rantai dalam kondisi kering dan kotor. Biasanya, beberapa
orang mengunakan chain lube untuk membersihkan kotoran yang menempel pada
rantai dan gear, cara ini lumayan efektif untuk kebersihan rantai. Sedangkan,
beberapa orang lain menggunakan oli mesin yang dipercaya lebih baik dalam sisi
awetnya pelumas, dikarenakan tidak mengharuskan untuk diaplikasikan berulang
kali ke rantai seperti hal nya chain lube. Tetapi, untuk penggunaan oli mesin
disarankan untuk menggunakan oli mesin yang baru, karena bersih dari kandungan
besi, tidak seperti oli bekas yang biasanya sudah terkandung “geram” (besi sisa
keausan mesin motor) dan malah bisa menggerus permukaan gear dan rantai lebih
cepat.
2. Mengatur tingkat kerenggangan rantai secara pas
Rantai yang terlalu tegang/kencang ataupun terlalu kendur/menggantung
juga mempunyai dampak yang kurang baik bagi rantai dan gear. Apabila rantai
terlalu kencang, bisa mengakibatkan rantai putus, dan jika rantai terlalu
kendur bisa mengakibatkan lepasnya rantai dari gear serta memungkinkan
terlilitnya rantai pada tromol ban yang berakibat fatal. Disarankan untuk
menentukan tinggat kerenggangan rantai dengan jarak ayunan rantai pada
perbedaan posisi sekitar 0,5cm-1cm. Jarak ayunan rantai yang ada akan membantu
rantai untuk lebih mudah pas pada gear, dengan begitu rantai bisa menyesuaikan
gerakan secara otomatis.
3. Posisikan sejajar antara gear depan dan belakang
Letak gear depan dan gear belakang yang kurang sejajar pun bisa
mempengaruhi penggunaan rantai motor. Pengaplikasian gear pada motor diharuskan
menempel sempurna dan disesuaikannya bosh (karet peredam getar) yang sesuai
agar gear dapat menjadi jalur rantai yang baik saat bekerja. Dengan lurusnya
posisi antara gear, hal tersebut sangat membantuk ratai untuk bergerak secara
benar pada jalurnya, sehingga masa pakainya pun bisa lebih awet. Penambahan
bosh besi pasa besi sumbu roda (as roda) bisa dijadikan salah satu cara untuk
mensejajarkan posisi kedua gear.
4. Perhalus proses perpindahan transmisi saat akselerasi
Ini memang berkaitan dengan gaya berkendara tiap individu, tetapi
terlepas dari perbedaan itu, disarankan untuk memperhalus perpindahan transmisi
saat akselerasi agar bisa mengurangi hentakan yang terjadi pada rantai dan
gear. Dengan terjadinya proses perpindahan transmisi yang halus, berarti juga
mengurangi tekanan yang diterima oleh gear dan rantai. Walaupun dianggap wajar
karena proses yang terjadi normal adanya, tetapi hal ini sekaligus mengajari
kita bagaimana cara berkendara secara profrsional. Cara ini bisa dipakai dengan
syarat kondisi fungsi kopling yang normal, jadi kita bisa mengoptimalkan
hubungan antara kedua bagian motor tersebut.
5. Penggunaan sparepart orisinil dan berkualitas
Lagi-lagi ketahanan dan awetnya suatu sparepart yang dipakai memang
diukur dari penggunaan bahan sparepart yang berkualitas nomer satu dan orisinil.
Untuk mendapatkan kepuasan pemakaian memang diharuskan menggunakan sparepart
pabrikan yang memang dibuat sesuai sesuai dengan motornya. Tetapi bukan berarti
barang kw ato imitasi tidak bisa kita gunakan secara maksimal. Berbagai cara
dilakukan untuk mendapatkan sparepart berkualitas dengan biaya yang minim.
Dengan membeli set gear secara terpisah, ataupun memberikan lapisan tambahan
baja (sepuh baja) pada gear yang bisa kita dapatkan dari pandai besi kedua hal
itu ditujukan agar kemampuan barang imitasi mampu menyamai kualitas barang
orisinil.
Beberapa poin di atas menjelaskan bagaimana cara merawat rantai motor agar awet dan tahan lama yang bisa kita
terpkan sehari-hari agar kita mendapatkan performa optimal serta rasa aman dan
nyaman dalam proses bekerjanya rantai pada saat berkendara. Selalu ingat untuk
member perhatian lebih pada bagian-bagian motor yang memiliki masa pakai yang
lebih singkat daripada bagian yang lain, agar kita dapat lebih awal
mengantisipasi masalah yang terjadi pada motor kesayangan kita. Selanjutnya,
selalu ingat untuk mematuhi peraturan lalu lintas yang berlaku dan utamakan
safety riding. Sekian cara merawat rantai motor agar awet dan tahan lama dari
saya. Selamat berkendara.
rantai satria fu apa emang cepat kendor ya gan
ReplyDeleteGir satria fu goyang kanan kiri knpa gan ?
ReplyDeleteMantap mas.. saya ikuti semua trik2 yang mas berikan untuk motor bebek saya. Yok kunjungi balik mas kesini
ReplyDeletehttp://januarikedesember.blogspot.co.id/
kalau saya dibakar dengan arang seperti di https://youtu.be/U81q_NSiZic
ReplyDeletePake minyak goreng kalo mau lebih awet kalo pake oli mesin malah jadi kotor
ReplyDelete