Kabar gembira untuk para pengendara roda dua khususnya type matic, di
artikel ini tersedia beberapa Cara Dan
Tips Merawat Motor Matic bagi para pemula ataupun maniak motor matic. Dalam
merawat motor matic, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar motor matic
anda dapat digunakan secara nyaman dan aman di setiap saat mengendarainya. beberapa Cara Dan Tips Merawat Motor Matic adalah sebagai berikut:
Cara dan Tips Merawat Motor Matic yang baik dan benar
1. Mesin ( engine )
Dalam merawat motor matic (AT) yang sangat sekali berbeda dengan motor
manual (MT), perbedaan yang siknifikan terdapat pada transmisi motor tersebut.
Tetapi, ada beberapa hal yang masih sama dalam hal merawat kedua mesin motor
tersebut. Hal tersebut adalah hal utama yang paling berpengaruh pada performa
segala jenis motor, yaitu cairan pelumas (oli) system kerja mesin motor
tersebut. Kita harus pandai-pandai dan tepat dalam memilih oli mesin tersebut,
terutama untuk mempermudah merawat motor matic agar tidak menyesal dikemudian
hari. Jenis oli mesin yang biasa digunakan motor matic adalah oli yang memiliki
kadar suhu yang relative dingin dan tidak terlalu pekat, terterlepas oli
tersebut berbahan sintesis atau pun bukan.
Dalam pemakaian, jangan lupa untuk selalu mengingat jarak/waktu batas pemakaian oli mesin tersebut agar tidak menyebabkan akumulasi kerusakan pada mesin. Selalu mengecek batas minimal pada indicator oli mesin agar mesin tetap aman dan tidak menyebabkan rusaknya bagian dalam mesin yang disebabkan gesekan yang fatal (dapat berakibat overheat/ngejim). Bagian utama yang sangat berbeda dari motor transmisi manual yang menggunakan rantai sebagai pemutar roda, pada motor matic bagian tersebut memakai van belt, part ini merupakan part yang memiliki batas masa pakai, karena terbuat dari karet, oleh karena itu disarankan untuk selalu memperhatikan keausan dan retakan yang muncul pada van belt untuk menghindari putusnya tali pemutar roda tersebut.
Dalam pemakaian, jangan lupa untuk selalu mengingat jarak/waktu batas pemakaian oli mesin tersebut agar tidak menyebabkan akumulasi kerusakan pada mesin. Selalu mengecek batas minimal pada indicator oli mesin agar mesin tetap aman dan tidak menyebabkan rusaknya bagian dalam mesin yang disebabkan gesekan yang fatal (dapat berakibat overheat/ngejim). Bagian utama yang sangat berbeda dari motor transmisi manual yang menggunakan rantai sebagai pemutar roda, pada motor matic bagian tersebut memakai van belt, part ini merupakan part yang memiliki batas masa pakai, karena terbuat dari karet, oleh karena itu disarankan untuk selalu memperhatikan keausan dan retakan yang muncul pada van belt untuk menghindari putusnya tali pemutar roda tersebut.
2. Rem ( brake )
Hal yang satu ini sangat membutuhkan perhatian dan perawatan yang
ekstra, rem merupakan hal penting dalam berkendara, dikarenakan menyangkut
keselamatan pengendara motor tersebut. Terlebih, motor matic merupakan motor yang
sangat diandalkan dalam sisi akselerasinya, untuk mengimbanginya dibutuhkan
system pengereman yang sangat aman dan presisi. Sebenarnya umtuk merawat rem
tidak sulit, kita hanya harus rutin memperhatikan kampas rem (bagi rem cakram
dapat langsung dilihat pada bagian kampas tingkat keausannya) yang bisa kita
rasakan dari dalam atau tidaknya kita saat menarik rem tersebut. Disarankan
untuk selalu membersihkan bidang cakram dan kampas yang bergesekan dari
kotoran, agar waktu keausan tidak terlalu cepat dan menghindari macetnya rem
akibat tersangkut kotoran pasir dan lainnya. Bagian lainnya yang perlu
diperhatikan adalah minyak hidrolik rem cakram, disarankan untuk rutin mengecek
indokator minimal agar bisa lebih awal mengetahui kebocoran yang bisa
mengakibatkan tidak berfungsinya rem sama sekali.
3. Shock ( suspension )
Suspensi/shock motor merupakan bagian yang menunjang kenyamanan
pengendara motor. Dalam hal merawat motor matic, merawat shock bisa dikatakan
hal yang mudah, kita cukup rutin membersihkan shock belakang (tipe per) dari
kotoran pasir agar kekenyalan tidak terganggu dan masa pakainya pun cukup awet.
Bagi shock depan bisa diperhatikan seal antara batang shock dan tabung, part
ini cukup rentan dengan kebocoran, yang bisa mengakibatkan fungsi shock
berkurang dan berpengaruh pada kenyamanan. Disarankan untuk selalu menghindari
jalan berlubang, karena jika frekeunsi shock depan yang bertabrakan langsung
dengan lubang di jalan semakin sering, maka akan memperbesar kemungkinan
kebocoran.
4. Kelistrikan ( electricity )
Lampu adalah hal utama dalam penerangan saat berkendara di jalan.
Bagian ini agak sulit karena jaringan kelistrikan biasanya hanya dapat dipahami
oleh montir/orang yang sudah ahli. Tetapi, kita bisa tetap menjaganya dengan
selalu memperhatikan bagian-bagian dan fungsi motor yang menggunakan listrik yang
bersumber dari accu tersebut. Selalu memperhatikan lampu utama, sein, lampu
belakag (lampu seri, dan lampu rem berfungsi dengan baik, electric stater dan
klakson pun tidak luput dari perhatian. Serta, memperhatikan accu yang menjadi
sumber utama kelistrikan pada motor matic kita. Selalu mengecek indicator air
(bagi accu basah) dan memperhatikan apabila terjadi konslet pada kabel-kabel yang
bersentuhan.
5. Ban ( tire )
Hal lain yang menyangkut keselamatan berkendara selain rem adalah ban.
Bagian ini terintegrasi dengan system rem, karena ban yang baik merupakan salah
satu penunjang rem berfungsi dengan baik. Pemilihan ban yang tepat merupakan
hal yang wajib bagi pengendara yang sangat memperhatikan keselamatan.
Memperhatikan keausan dan masa pakai ban juga merupakan hal utama dalam
perawatan ban. Mengganti ban yang sudah aus (gundul) dan menghindari pemakaian
ban cacing (ukuran kecil) yang mengakibatkan sedikitnya bidang sentuhan jalan
dengan ban bisa mengakibatkan rentan slip nya ban.
6. Suku cadang asli (genuine sparepart)
Hal ini sering luput bagi para pengendara motor, pemakaian suku cadang
imitasi yang tidak mempunyai jaminan resmi dari perusahaan motor bisa
mengakibatkan kerusakan fatal pada motor matic kita pakai. Disarankan bagi para
pengendara motor matic untuk selalu memakai suku cadang asli dari perusahaan
motor matic yang kita pakai. Selain berkualitas nomer wahid, sparepart asli
memiliki masa pakai yang relative lama walaupun harganya tidak murah. Selalu
gunakan sparepart asli motor matic anda untuk mendapatkan kenyamanan berkendara
yang sesungguhnya (y).
Demikian beberapa cara dan tips
merawat motor matic kita agar selalu nyaman dan aman ketika dipakai
berkendara jarak jauh ataupun jarak dekat. Selalu ingat untuk mematuhi
peraturan lalu lintas yang berlaku dan utamakan safety riding. Sekian cara dan
tips merawat motor matic dari saya. Selamat berkendara.
Artikelnya bagus min, semoga terus bisa berbagi artikel yang bermanfaat lainnya, lain kali main kesini lagi
ReplyDelete
ReplyDeleteMARI BERGABUNG BERSAMA KAMI PROMO DEPOSIT UNTUK MEMBER BARU YANG MELAKUKAN DEPOSIT PERTAMA 5% | BONUS DEPOSIT HARIAN 1% | BONUS REFERRAL SEUMUR HIDUP 2% | BONUS JACKPOT SPIN HADIAH s/d Rp.500.000 | UNTUK INFO LEBIH LANJUT SILAHKAN HUBUNGI KAMI DI WEBSITE
PENGUMUMAN : LINK TERBARU YAKUZA
pc : www.gudangjp .com
hp : wap.gudangjp .com
pc : www.gudangjp .net
hp : wap.gudangjp .net
PROSSES DEPO & WD SANGAT CEPAT BERSAMA ADMIN KAMI YANG HANDAL & PROFESSIONAL
agen togel resmi
agen togel terpercaya
bandar togel terpercaya
togel online